Resep Roti Sobek Singkong Yang Bergizi

12:44

Singkong merupakan salah satu makanan umbi umbi an yang memikiki cukup banyak manfaatnya, selain memberikan efek kenyang, juga mengandung karbohidrat yang cukup baik bagi tubuh. Kali ini kita akan menggunakan singkong untuk membuat roti soke. Tapi meskipun nama dari roti sobek ini adalah roti sobek singkong namum bukan berart tanpa mengunakan campuran tepung terugi, itu tidak benar. Resep roti sobek singkong  ini tetap menggunakan tepung terigu yang berprotein tinggi, bahkan takarannya lebih banyak dari singkong yaitu 400 gram, sementara itu singkong cukup 200 gram saja atau 1 buah singkong. Untuk lebih jelasnya silahkan simak resep roti sobek singkong di bawah ini

roti-sobek-singkong

Bahan :

  • Singkong kukus 200 gram atau 1 buah, yang dihaluskan
  • Susu cair sebanyak 150 ml
  • Tepung terigu protein tinggi sebanyak 400 gram
  • Ragi instan sebanyak 1 bungkus
  • Gula pasir sebanyak 75 gram
  • Telur sebanyaj 1 butir
  • Air es sebanyak 100 ml
  • Margarin sebanyak 75 gram
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Susu evaporated sebanyak 2 sendok untuk olesan
  • Gula pasir kasar sebanyak 15 gram untuk taburan

Cara Membuat :

Setelah semua bahan pada daftar di atas telah terkumpul semuanya, selanjutnya ikuti tahapan pembuatan roti sobek singkong di bawah ini :

  1. Kita mulai dengan menghancurkan singkong dengan cara diblender singkong dan dicampur dengan susu cair sampai lembut lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya campur tepung terigu bersama kentang, ragi instan, serta gula pasir kemudian aduk rata.
  3. Lalu tambahkan kuning telur kemudian uleni rata. Selanjutnya masukkan campuran singkong sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menjadi kalis.
  4. Kemudian masukkan margarin dan garam. Lalu uleni sampai elastis. Kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit kemudian kempiskan adonan.
  5. Tahap selanjutnya, bagi dan timbang adonan masing-masing 30 gram. Lalu bulatkan dan diamkan masing-masing adonan tersebut selama 10 menit.
  6. Setelah 10 menit, pipihkan adonan bulat tadi membentuk bulat. Kemudian letakkan pada loyang bulat dengan diameter 20 cm dan tinggi 4 cm yang telah dioles margarin dan dialas kertas. Lalu diamkan lagi selama 45 menit sampai adonan mengembang.
  7. Setelah 45 menit, oles dengan susu evaporated lalu taburi dengan gula pasir kasar.
  8. Langkah terakhir adalah masukkan ke dalam oven selama 30 menit dengan api bawah pada suhu 190 derajat celsius sampai menjadi roti yang matang. Setelah matang, keluarkan dari dalam oven, selanjutnya roti sobek singkon pun siap untuk disajikan.

Meskipun hanya dengan 400 gram tepung terigu dan 200 gram singkong, takaran bahan pada resep roti sobek singkong di atas bisa untuk 2 loyang. Selamat mencoba

Previous
Next Post »
0 Komentar