Tips Penting Untuk Memasak Kue Bolu Supaya Tidak Gagal

13:44

Memasak kue dan cake atau pastry adalah salah satu cabang memasak yang sangat menantang. Jika masakan kebanyakan memiliki toleransi kesalahan yang cukup besar, berbeda dengan membuat kue atau cake. Kesalahan dalam pemilihan bahan, urutan pembuatan ataupun cara mencampur bahan saja sudah bisa membuat cake atau kue yang kita buat menjadi gagal total, bahkan terkadang tidak bisa dimakan sama sekali. Hal ini juga berlaku untuk kue bolu, dimana seringkali banyak yang membuatnya dan gagal. Nah, kami memiliki beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam membuat kue bolu supaya hasilnya sempurna dan tidak gagal.

alat1

Perhatian #1: Telur

Mengocok telur adalah salah satu kesalahan yang terjadi dalam pembuatan kue bolu. Kesalahan ini berakibat gagalnya kue bolu untuk mengembang. Maka dari itu perhatikan tips dari nampak-tilas.blogspot.com berikut ini supaya bolu anda sempurna, yakni:

  • Pastikan telur yang anda gunakan memiliki suhu ruang, jika berasal dari dalam kulkas, biarkan dahulu hingga suhunya sesuai dengan suhu ruang.
  • Peralatan pengocok dan peralatan lain seperti sepatula haruslah benar-benar kering dan bebas dari kotoran apapun.
  • Kocok telur selama kurang lebih 15 menit untuk menghasilkan 4 butir telur yang mengembang sempurna.
  • Pada beberapa resep bolu, terutama yang menggunakan mentega kocok, mensyaratkan untuk mengocok kuning telur dan putih telur secara terpisah. Untuk mengetahui apakah putih telur telah mengembang dengan sempurna, anda dapat membalik wadah berisi putih telur yang telah dikocok. Jika putih telur kocok tidak tumpah, maka putih telur telah mengembang sempurna dan siap diproses selanjutnya.

Perhatian #2: Tepung Terigu

Tepung terigu yang digunakan haruslah sudah diayak dan kering. Tepung terigu yang basah dapat menyebabkan adonan menggumpal sehingga tidak dapat mengembang dengan baik saat dipanggang. Maka dari itu ada baiknya sebelum digunakan untuk membuat kue bolu, terigu terlebih dahulu dijemur selama beberapa waktu.

Perhatian #3: Oven

Saat anda mulai membuat kue, nyalakan oven terlebih dahulu. Dengan ini ketika adonan anda sudah jadi, maka bisa langsung masuk ke dalam oven yang telah panas. Jika adonan tidak langsung masuk ke oven dan harus menunggu terlalu lama, maka adonan akan menjadi bantat karena turun. Selain itu, suhu untuk memanggang kue bolu adalah 180 derajat celsius dan harus tepat supaya bolu dapat mengembang sempurna. Untuk itu pilihlah oven yang memiliki pengatur suhu atau setidaknya penunjuk suhu supaya anda dapat mengontrolnya dengan mudah.

Perhatian #4: Memastikan Kematangan Kue

Untuk memastikan kue bolu telah matang, caranya adalah dengan menusukkan sebatang lidi yang bersih ke bagian tengah kue. Jika lidi yang anda tarik tidak lengket, maka kue bolu telah matang dan siap anda angkat dari oven. Pastikan juga kue dalam keadaan dingin ketika anda memotongnya. Jika tidak maka bisa jadi kue bolu anda akan hancur berantakan.

Semoga tips ini bermanfaat.

Previous
Next Post »
0 Komentar